Jangan masukan anak biasa
ke program Akselerasi Cibi
Adanya peserta didik yang tidak sesuai kriteria CI+BI, yang kemudian menjadikan layanan akselerasi tidak optimal. Dampaknya, di masyarakat muncul sorotan negatif tentang program akselerasi karena membuat peserta didik menjadi “teralienasi” dari lingkungannya. Hal ini menjadi alasan sebagian kelompok masyarakat menyarankan program ini dibubarkan.
Adanya peserta didik yang tidak sesuai kriteria CI+BI, yang kemudian menjadikan layanan akselerasi tidak optimal. Dampaknya, di masyarakat muncul sorotan negatif tentang program akselerasi karena membuat peserta didik menjadi “teralienasi” dari lingkungannya. Hal ini menjadi alasan sebagian kelompok masyarakat menyarankan program ini dibubarkan.
Pemaksaan agar siswa
CI+BI dimasukkan dalam kelas bersama anak non CI+BI juga tidak terlalu tepat.
Lena Hollingsworth (1995) bahkan menyatakan bahwa lingkungan sekolah reguler
tidak sesuai dengan kebutuhan siswa CI+BI. Sehingga bila lingkungan itu
dipaksakan pada siswa CI+BI, justru mereka akan mengalami kesulitan dalam
menjalin hubungan dengan sebaya dan juga terbentuknya sikap apatis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar