Minggu, 17 November 2013

Jangan masukan anak biasa ke program Akselerasi Cibi

Jangan masukan anak biasa ke program Akselerasi Cibi
Adanya peserta didik yang tidak sesuai kriteria CI+BI, yang kemudian menjadikan layanan akselerasi tidak optimal. Dampaknya, di masyarakat muncul sorotan negatif tentang program akselerasi karena membuat peserta didik menjadi “teralienasi” dari lingkungannya.  Hal ini menjadi alasan sebagian kelompok masyarakat menyarankan program ini dibubarkan.

Pemaksaan agar siswa CI+BI dimasukkan dalam kelas bersama anak non CI+BI juga tidak terlalu tepat. Lena Hollingsworth (1995) bahkan menyatakan bahwa lingkungan sekolah reguler tidak sesuai dengan kebutuhan siswa CI+BI. Sehingga bila lingkungan itu dipaksakan pada siswa CI+BI, justru mereka akan mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan sebaya dan juga terbentuknya sikap apatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar